Review & Analisis Iklan CPM Popunder dari Bayaran Tertinggi sampai Terendah

Iklan
Berikut ini sebuah artikel yang akan Review & Analisis  Iklan CPM Popunder dari Bayaran Tertinggi sampai Terendah. Iklan yang berbasis CPM ini merupakan salah satu iklan yang sangat diminati pada publisher. Selain memiliki rate yang tinggi iklan ini juga sangat mudah mendapatkan uang penghasilan, dikarenakan tidak butuh klik langung pada iklan banner yang tampil.

Saya punya blog tentang berita artikel dengan visitor 10.000 - 40.000 per hari. Ni SS waktu lagi tinggi-tingginya gan, tapi biasanya sih rata-rata 20k.



Saya mulai berpikir untuk pasang iklan, karena lumayan kan kalo bisa dapat dolar dari modal posting dan kuota internet.
Saya sudah menjelajah ke berbagai provider popunder, dari mulai yg paling terkenal (Popads) ke yg kurang terkenal (poptm). Beberapa provider popunder sudah kucoba di blog. Beberapa di antaranya adalah: Popads, Popcash, Revenuehits, Edomz, Cpx24, Poptm, Popmyads, sampai yg terakhir Mobicow.


Menurut saya, popunder ini earningnya lumayan tinggi, bahkan jauh di atas 2 popunder paling terkenal Popads dan Popcash. Biasanya orang yang baru pasang Revenuehits akan terkecoh karena lihat ECPM Revenuehits kecil sekali malah di bawah $0,1. Pasti orang yang lihat ECPM Revenuehits awalnya akan misuh2 kok kecil banget ECPM nya.

Revenuehits emang popunder yg lain dari yg lain. Jika popunder seperti Popcash dan Popads jika dipasang akan langsung muncul ECPM aslinya, maka Revenuehits butuh waktu seminggu untuk keliatan ECPM aslinya. Itu dikarenakan kode Revenuehits butuh waktu penyesuaian di blog kita. Jadi yg baru pasang Revenuehits jangan buru-buru dicopot karena setelah seminggu ECPM Revenuehits akan naik dan semakin lama akan naik terus ECPM nya.

Ni earning dari Revenuehits tgl 31 Januari - 18 Februari
 

Revenuehits ternyata iklannya tidak muncul tiap buka halaman tapi beberapa jam sekali, sehingga tidak membuat pengunjung blog sebel. Tapi saya tidak suka Revenuehits itu ECPM nya yg tidak stabil, kadang kalau tinggi ya tinggi sekali, di atas $1, kalau lagi rendah ya paling di kisaran $0,6

Kelemahan revenuehits yg paling fatal adalah iklan mobile nya redirrect, orang yg mau buka blog kita ga bisa masuk karena dialihkan ke iklan Revenuehits, dan iklan itu TIDAK BISA DIBACK KEMBALI KE BLOG


Sekarang, saya sudah putus hubungan dengan Revenuehits setelah tahu iklan mobile nya Revenuehits redirrect semua, saya pindah Mobicow. Earningnya lebih yahud.


Tentu masang 1 popunder tidaklah cukup, saya kemudian coba-coba popunder lain sebagai pasangan hidup Revenuehits. Pada akhirnya pilihan jatuh pada Popcash, walaupun earningnya di bawah Revenuehits, tapi masih mending daripada popunder lainnya. Selain itu Popcash sangat kompak duet dengan Revenuehits, impresi Revenuehits tidak turun, beda kalau duetkan Revenuehits dengan CPX24 misalnya. Impresi Revenuehits langsung turun drastis.

Oh ya, yang aku suka dari Popcash itu iklan cuma muncul sekali 24 jam per IP tanpa mengurangi earning, jadi ga bikin pengunjung blog misuh-misuh karena ketemu iklan popunder terus. Beda dengan PopAds dan CPX24 yg iklannya muncul tiap buka halaman blog, walaupun bisa diseting iklan per-IP selama 24 jam tapi jelas dan pasti earning akan drop. Kalo popcash nggak.

Ni earning dari Popcash tgl 31 Januari - 17 Feburari


NB: itu ada angka $0 karena waktu itu saya copot popundernya untuk uji coba popunder lain, tapi sayang hasil popunder lain lebih mengecewakan

Saya coba akan analisis di sini popunder-popunder yg saya pake selama ini, tapi sayang ane gak punya screen shoot tanggal yang lebih lengkap daripada Revenuehits dan Popcash, saya cuma pasang 1-2 hari saja karena untuk mengantisipasi kerugian lebih banyak

Tapi walaupun begitu, akhirnya saya dengan berat hati memutuskan mencabut Popcash dari kode HTML. Walau earningnya lumayan tapi jika dibuka lewat mobile, kadang iklan dari Popcash langsung mendirect pengunjung ke iklannya, jadi tidak sempet membuka blog saya. Saya sudah analisis beberapa kali menggunakan browser web dengan clear cache, sekitar 30% iklan Popcash mobile itu meninggalkan blog dan mendirect langsung ke iklan. Menurut saya itu sangat fatal dan tidak bisa ditolerir.


Lalu aku mengganti posisi Popcash dengan Poptm, nanti kita bahas di bawah.

3. PopAds

Saya tidak tahu apa salah blogku sama PopAds, tapi pake PopAds beberapa kali pasti berakhir dengan menghapus kodenya dari template blogku. Walau kata orang-orang Popads popunder terbaik dan paling tinggi earningnya tapi tidak di blogku.

Ni SS dari Popads. Walau ECPM tinggi tapi impresi kecil sekali, padahal iklannya muncul tiap klik halaman. Mungkin ga cocok diduetkan sama Revenuehits.



Mungkin earning Popads tinggi di blog lendir kali ya gan? Soalnya hampir semua blog lendir pakenya Popads

Bisa jadi adult content bayarannya tinggi, di blogku adult content Popads saya matikan. Ya iyalah, bukan blog lendir gituu. wkwkwk


4. Edomz

Kalo yang ini no comment aja gan. Biar SS yang bicara


Untuk Edomz ane pasang 1,5 hari saja sudah cukup. Dilihat sekilas sudah ketahuan gan, masa depan suram. Sudah impresi kecil, ECPM kecil ya gak dapat apa-apa. Denger-denger Edomz tinggi kalo traffic luar negeri, masalahnya blogku 90% visitor indo.


5. CPX24

CPX24 itu popunder pertama kali aku pasang di blog. Impresinya bisa dapat tinggi, ECPM rata-rata $0,4. Sebenarnya ini popunder recommended selain Popcash. Tapi sayang, iklannya muncul di tiap buka halaman blog. Aku takut pengunjung kabur, makanya dengan berat hati aku copot.

Ni SS nya gan:


Terlihat menggiurkan bukan? Tapi sepertinya CPX24 tidak cocok sama Revenuehits. Tiap aku pasang CPX24 duet dengan Revenuehits, pasti impresi Revenuehits turun drastis, biasanya sekitar 3000-4000 impresi, jadi hanya sekitar 1000 impresi, tentu saja mengurangi earning Revenuehits.


6. Poptm

Ini popunder baru lho gan. Poptm mengklaim bisa bypass adblock, jadi iklan masih muncul walaupun visitor pasang adblock di lepinya. Ini bisa dipake buat ngerjain visitor yg sudah PEDE sama ad-blocknya.

Sekarang saya duetkan poptm dengan Mobicow. Poptm ini menggantikan posisi Popcash yg aku copot karena sudah sakit hati sama Popcash (alasannya sudah saya katakan di atas)

Poptm ini walau popunder baru, tapi sangat recommended. Walaupun ECPM kecil.. eits jangan salah, impresinya bisa tinggi sekali, bahkan lebih tinggi dari Revenuehits dan popunder lainnya. Secara bisa nembus adsblock gitu lho.

Ini bukti impresi poptm sampai tgl 5 maret (yg 5 maret blm selesai jadi kecil)



Iklannya juga muncul 3 jam sekali, jadi tidak mengganggu visitor. HOT NEWS, mulai tanggal 2 April 2016, ECPM Poptm untuk visitor indonesia naik drastis jadi $1,1. Kebayang kan dengan ECPM $0,3 - $0,5 saja earningnya sudah kayak di SS, apalagi jika ECPM nya dinaikkan jadi $1,1. Impresi yang super besar dan ECPM yang dinaikkan, earning akan naik berlipat-lipat

Ini SS Poptm sebelum dan sesudah kenaikan ECPM:







Popmyads baru setengah hari coba tapi langsung aku copot karena impresi kecil. Katanya kalau di-raw bisa dapat tinggi impresi, tapi kenapa kecil sekali impresinya? Impresinya 11-12 sama Popads, jangan2 Popmyads punyanya popads lagi...

Ni gan SS nya:

visitor blog dapat 5k tapi masuk Popmyads hanya 125 ekor.. Sedih rasanya.




Mobicow ini khusus iklan mobile, jadi jangan heran kalo gak muncul di PC. Ternyata pengunjung blogku mayoritas menggunakan smartphone, jadi gak heran kalau impresinya tinggi.

Ni SS nya sampai tgl 13 Maret (tgl 13 maret blm selesai jadi impresinya blm 100%):


Baru pasang 2 minggu, earningnya sudah melebihi perkiraan. Jauh di atas Revenuehits dan Poptm / Popcash. Bahkan menurutku earningnya di atas Adsense untuk visitor indo. Mobicow ini wajib dipasang kalau mayoritas pengunjung blog anda menggunakan smartphone.


Pengunjung blog ku 90% pake mobile, jadi mobicow sangat efektif

Itulah gan pengalaman ketujuh popunder yang pernah saya coba selama ini. Kalo saya mau buat kesimpulan:

1. Revenuehits: impresi tinggi x ECPM sedang = earning lumayan tinggi
2. Popcash: impresi sedang x ECPM tinggi = earning lumayan tinggi
3. Popads: impresi rendah sekali x ECPM tinggi = earning rendah
4. Edomz: impresi rendah sekali x ECPM rendah = no comment
5. CPX24: impresi tinggi sekali x ECPM rendah = earning lumayan tinggi (tapi sayang ga cocok sama Revenuehits)
6. Poptm: impresi tinggi sekali x ECPM tinggi = earning tinggi sekali
7. Popmyads: impresi rendah sekali x ECPM sedang = earning rendah
8. Mobicow: impresi tinggi x ECPM tinggi = earning tinggi sekali

Terima kasih sudah baca share ane. Mungkin ada yang mau menambahkan?


Artikel/tulisan ini asli ditulis oleh :
Penulis : agan gagalganteng
Tanggal publish : 01-03-2016
Thread sumber : forum ads.id forum komunitas publisher terbesar Indonesia (http://ads.id/forums/showthread.php/235981-Analisis-Ketujuh-Popunder-Paling-Mantap-Paling-Mengecewakan)