Cara mengembalikan File Hilang Terkena Virus di Flashdisk Cepat tanpa Software

Iklan
Cara mengembalikan File Hilang Terkena Virus di Flashdisk Cepat tanpa Software - Cara cepat bertukar data dari perangkat satu dengan yang lainnya selalu menggunakan bluetooth, WiFi, dan juga menggunakan flashdisk / usb jika filenya terlalu besar tentu lebih mudah dan cepat . Dengan disk eksternal ini file berGB sekalipun bisa dicopy atau dipindahkan dengan cepat. Namun, tanpa sadar flashdisk yang sering colok sana sini bisa berpotensi masuknya virus yang berbahaya.

Flashdisk yang telah terjangkit virus sering kali mengacak-acak isinya dari merubah, mengcopy, menghidden/menyembunyikan, sampai menghapus file/folder yang kita simpan. Untuk itu perlunya pencegahan awal yaitu menggunakan antivirus, jika AV belum terinstal di PC sobat putrakomputer.com bisa  menggunakan alternatif berikut ini.

Image by. mochamadboval.heck.in

Tutorial kali ini kita membahas bagaimana mengembalikan file yang terkena virus di flashdisk tanpa software. Pada umumnya flashdisk yang terkena virus ditandai hilangnya sebagian besar file/folder/dokumen, hilang disini biasanya file disembunyikan/disamarkan sehingga sobat tidak bisa melihatnya sama sekali. Untuk itu ada 2 cara menampilkan file-file tersebut agar bisa diselamatkan.

Cara #1

Cara pertama kita menampilkan file yang disembunyikan oleh virus dan sekaligus menampilkan file system yang terkadang dokumen-dokumen yang terserang virus disamarkan menjadi file system. Jika sobat menggunakan Windows 8 ataupun windows 7 prinsipnya sama saja. silahkan cek di sini panduan menampilkan hidden file.

1. Menampilkan file hidden dan menampilkan file system

2. Buka Windows Explorer Win + E,

3. Pilih di kiri atas Organize => Folder and Search Options => Klik tab View,

flshdisk

4. Pilih/ceklis "Show hidden files, folder, and drives" dan juga Hilangkan ceklis pada "Hide protected operating system file (rocommended)

virus

Jika cara di atas tidak berhasil silahkan coba langkah kedua di bawah ini;

Cara #2

1. Pastikan flashdisk sudah terpasang pada PC. Dan lihat Disk manakah flashdisk berada, misalnya Drive G

2. Lalu klik Start / Menu Windows ketikkankan CMD lalau Enter. Jika tidak mau terbuka (misal ada pesan "Error Access Denied") maka bukalah CMD menggunakan mode administrator.

flashdisk

3. Dikarenakan flashdisk ada di Drive G maka kita pindah direktori terlebih dahulu yang biasanya direktori tampil pertama kali adalah Drive C.

- Cara pindah direktorinya ketikkan E: lalu enter
- Lalu, ketikkan perintah berikut dan ENTER:

attrib -s -h /s /d *.*
 flashdisk

4. Beberapa detik maka semua file yang tersembunyi akan ditampilkan dalam flashdisk sobat tadi.

Silahkan simpan baik-baik data yang sudah tampil tersebut, jika memungkinkan setelah dicopy data-data dari flashdisk silahkan format flashdisknya untuk membuatnya benar-benar bersih dari virus.