Penyebab Hp Android Lemot / Lambat dan Solusinya

Iklan
Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Mengatasinya - Anda yang memiliki Handphone canggih masa kini yaitu Android, namun sering kali terjadi lag/lambat ketika internetan, main game, chatting, bahkan sewaktu menghidupkan pertama kali. Ini semua biasanya disebabkan oleh beberapa hal baik itu dari kesalahan pengguna ataupun kemampuan perangkat itu sendiri. Maka dari itu saya kali ini akan mencoba membahas mengapa Hp Android lemot dan apa solosinya!.

Sistem Operasi Android yang sudah merambah ke sebagian besar smartphone merk yang sudah terkenal seperti Samsung, Sony Experia, Lenovo, Oppo, Smartfren, dsb. Tidak lepas dari berbagai masalah, terutama smartphone dengan spesifikasi kelas menengah ke bawah. Hp dengan harga yang relatif murah biasanya memiliki fitur dan kemampuan terbatas, itulah salah satu penyebab lemot/lambatnya android tersebut. Contohnya saja Android dengan RAM 2GB tentu jauh berbeda dengan RAM yang 500MB.

Logo Android

Itulah salah satu contoh kenapa Hp terasa lemot, namun faktor tersebut tidak bisa serta merta dijadikan satu-satunya penyebab android lambat. Ada beberapa hal lain yang juga mempengaruhi perangkat anda terasa lemot. Berikut ini pembahasannya.

Tips Trik Mengetahui Penyebab Android Lemot/Lambat serta Solusinya;

Firmware : Sangat dianjurkan selalu mengupdate Firmware pada perangkat android anda. Firmware yang merupakan sistem operasi pada seluler. OS Android yang diupdate versinya tentu akan menambah kinerja dan mengurangi lemotnya smartphoe anda.

Clear Cache : Jejak data ataupun sisa data setiap aplikasi yang pernah dibuka biasa disebut Cache bisa menyebabkan lambatnya Hp anda. Seperti halnya history, cookies juga membuat lemotnya hp anda. Jadi dengan membersihkan cache, cookies, dan history pada setingan android anda dapat mengurangi beban di hp itu sendiri.

Banyak Software Terinstall : Tidak bisa dipungkiri Perangkat baru ataupun lama banyak sekali terinstal aplikasi, baik itu aplikasi bawaan ataupun diinstal oleh pengguna. Maka sangat disarankan untuk menonaktifkan bahkan uninstall saja aplikasi yang tidak digunakan untuk mengurangi beban Prosesor ataupun RAM. 

Menjalankan Aplikasi bersamaan : Memang sudah menjadi salah satu keunggulan android yaitu kemampuan Multitasking layaknya HP nokia Symbian jaman dahulu. Ini salah satu kebiasaan kita chatting sambil main game, ataupun berfoto ria sedangkan aplikasi game masih terbuka. Membuka aplikasi banyak sekaligus tentu menyebabkan Android menjadi lemot. Solusinya tentu saja biasakan menutup/menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan.

Android 

Penyimpanan Data Penuh : Anda haru selektif dalam hal menumpuk-numpuk data dalam perangkat kesayangan anda. Jangan sampai Mp3 yang tidak pernah diputar, gambar-gambar yang tidak begitu penting, dokumen tidak pernah dibaca, game yang tidak pernah dimainkan tetap anda simpan. Ini salah satu penyebab Android lembat, yang mengakitkan memori internal penuh dan menganggu kinerja hp itu sendiri.

Terlalu Banyak Hiasan : Banyak cara orang untuk menghiasi smartphonennya agar terlihat cantik, keren, lucu menggunakan widget atau aplikasi penghias tampilan termasuk background & screensaver yang bisa bergerak. Tentu saja tidak ada salahnya, namun sudah pasti ini menambah beban perangkat anda. sebaiknya kurangi widget-widget yang tidak terlalu penting.

Reset HP ke versi Pabrikan : Hard Reset ataupun Install Ulang Android merupakan Solusi terakhir yang bisa digunakan untuk memulihkan hp anda seperti semula atau seperti semula sejak anda beli pertama kali. Beragam penyebab yang membuat Android anda lemot dan anda sudah bolak-balik cari solusi namun tidak ketemu ini bisa jadi pilihan. Namun, beberapa hal yang anda harus tau mereset hp ke versi pabrikan akan membuat semua aplikasi dan data yang tersimpan di disk internal anda akan hilang. Ada baiknya backup terlebih dahulu untuk mengamankan data penting. Caranya cukup mudah buka saja Setting -> Privacy -> Reset Hp ke Pabrikan itulah cara secara umum.

Itulah beberapa hal Penyebab Hp Android Lemot / Lambat dan Solusinya yang bisa anda terapkan pada perangkat kesayangan anda. Semoga artikel yang cukup panjang ini bisa mengatasi masalah yang anda alami. Terima kasih