Cara Menonaktifkan Fungsi Autoplay / Autorun di Windows 7

Iklan
Cara Mematikan Fungsi Autoplay / Autorun di Windows 7, Setiap Komputer atau laptop biasanya sudah disetting default Autoplaynya aktif, Pengaturan ini sudah ada pada masing-masing OS (Operating System) setiap komputer. Autorun ini sangat bermanfaat bagi pengguna laptop.

Fungsi dari autoplay ataupun autorun ini yaitu membuka otomatis setiap perangkat baru yang akan dipasangkan ke perangkat PC, seperti CD/DVD, Flash Disk, Hardisk External, Memory Card, dsb. Cuma saja dengan jalan ini virus juga mudah mengaktifkan dirinya ketika masuk ke komputer, karena adanya fungsi Run otomatis.

Autorun Autoplay Windows 7

Nah, untuk menghindari serangan virus ke perangkat mungkin ada baiknya kalau sobat PutraKomputer.Com untuk Disable fungsi Autorun tersebut, tanpa autorun setiap perangkat juga akan terdeteksi oleh komputer setiap dipasangkan. Silahkan ikuti langkah-langkah mudah berikut untuk Menonaktifkan Fungsi Autorun / Autoplay di PC

1. Tekan pada Tombol keyBoard Win (Menu) + R 

2. Akan terbuka jendela baru (Windows Run).

3. Lalu pada kotak yang tersedia ketikkan : gpedit.msc lalu tekan enter

Cara Menonaktifkan Fungsi Autoplay / Autorun di Windows 7

4. Maka akan terbuka Window baru lagi (Local Group Policy Editor).

5. Nah, lalu klik menu berikut ini : 

Computer Configuration -> AdministrativeTemplates -> Windows Components -> AutoPlay Policies -> Turn Off Autoplay (Klik 2 kali)

Nonaktifkan Autoplay

=>> Setelah klik 2 kali akan tampil jendela baru : Klik Enable -> OK

Autorun Windows 7

6. Finish, Sekarang sobat hanya perlu restart komputer, agar settingan bekerja.. Lalu coba colokkan memori atau flash disk. Autoplay nya tidak akan aktif lagi.

Sekian dulu penjalasan Cara Menonaktifkan Fungsi Autoplay / Autorun di Windows 7 kali ini semoga bisa membantu. Terima kasih