Sebab komputer mengalami crash dan blue screen

Iklan
Sering sekali sebagian pengguna komputer mengalami crash blue screen yang terjadi secara tiba-tiba dan tentunya hal ini akan sangat menganggu sekali ketika kita sedang mengerjakan suatu pekerjaan, apalagi jika pekerjaan tersebut belum disimpan, tentunya akan membuat anda sangat marah dan frustasi.

Sebab komputer mengalami crash dan blue screen

Biasanya sebab komputer mengalami crash dan blue screen selalu terjadi dalam sistem operasi komputer seperti windows dimana penyebab utama dikarenakan berhentinya merespon perintah pengguna. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa alasan dari perangkat keras komputer seperti memori dan harddisk hingga penggunaan perangkat lunak (Aplikasi).

Membuka banyak aplikasi pada saat yang bersamaan biasanya juga menjadi salah satu penyebab yang paling umum terjadi. Untuk itu anda perlu sekali memonitor penggunaan sumber daya komputer dengan mematikan beberapa aplikasi yang tidak perlu. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Task Manager untuk memantau serta mematikan program-program yang di nilai dapat memberatkan kinerja komputer.

Penginstallan driver yang tidak tepat juga dapat menyebabkan crash pada komputer. Driver merupakan sebuah aplikasi yang digunakan pada perangkat keras seperti mouse, keyboard, webcam dan lainnya agar dapat bekerja. Biasanya sebuah aplikasi driver memiliki akses langsung ke sistem inti. Ketika anda menginstal perangkat baru seperti driver printer, hal ini dapat menyebabkan ketidakstabilan dalam sistem operasi yang berdampak berhentinya kinerja komputer.

Blue Screen merupakan sebuah situasi dimana komputer mengalami kerusakan sistem secara serius dan hanya dapat disembuhkan dengan cara memperbaiki sistem inti dari operasi sistem.