Penyebab Laptop/PC menjadi lambat dan berat

Iklan
Ketika anda membeli sebuah laptop/PC terbaru, tentunya pada awal-awal penggunaan anda akan mendapatkan kinerja komputer yang cukup cepat untuk melakukan beragam macam aktivitas pekerjaan. Namun seiring berjalannya waktu, anda akan mendapati kinerja laptop/PC menjadi lambat dan berat ketika digunakan. Apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Penyebab Laptop/PC menjadi lambat dan berat

Sebenarnya ada beberapa hal penyebab laptop/pc menjadi lambat dan berat untuk melakukan berbagai perintah, seperti:

- Laptop atau PC telah terinfeksi oleh virus, adware ataupun spyware yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada operasi sistem yang anda gunakan. Untuk mengatasi masalah ini, cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menginstall program antivirus yang terupdate dari hari ke hari, seperti symantec.

- Menginstall aplikasi dan game berat dengan tidak teratur dan banyak juga dapat menjadi salah satu faktor penurunan kinerja laptop/PC. Biasanya dalam beberapa aplikasi tersebut terdapat sebuah sistem yang berjalan dengan otomatis yang dapat membebankan kinerja RAM di komputer. Tentunya jika anda hanya mempunyai kapasitas RAM yang kecil, hal ini akan sangat berdampak besar sekali untuk kinerjanya.

- Setiap kali anda menjalankan aplikasi, maka akan ada beberapa data-data pada sistem komputer yang tidak selalu ditempatkan pada tempat yang semestinya. Semakin lama hal ini terjadi, maka proses pemanggilan data akan semakin lambat dan berat. Untuk itulah melakukan proses defragment sangat diperlukan seminggu ataupun sebulan sekali.

Namun penyebab laptop/pc menjadi lambat dan berat dari ketiga hal penting diatas, sebagian besar terjadi karena beberapa infeksi virus yang menyerang objek vital pada komputer. Biasanya infeksi ini dapat ditularkan melalui flashdisk, CD ataupun DVD yang terinfeksi, dan aplikasi-aplikasi freeware yang telah disusupi varian virus didalamnnya.