Cara merawat baterai laptop yang baik agar tahan lama

Iklan
Baterai merupakan salah satu komponen yang terdapat pada sebuah perangkat portable komputer seperti Laptop ataupun notebook. Dengan andanya perangkat tersebut, sebuah laptop dapat digunakan diluar ruangan tanpa harus melakukan koneksi ke listrik, dan biasanya baterai hanya bertahan untuk 3 sampai 8 jam.

Cara merawat baterai laptop yang baik agar tahan lama

Namun banyak sekali para pengguna baterai yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat baterai laptop yang baik agar tahan lama. Untuk itulah kami akan memberikan beberapa tips guna merawat baterai laptop anda agar terhindar dari kerusakan.

- Hal yang perlu di perhatikan ketika anda melakukan proses charging dengan menyalakan Laptop ataupun tidak. Anda perlu menghentikan proses charging ketika baterai sudah terisi penuh. Jika anda tidak menghentikannya dalam waktu yang lama, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem inti baterai, yang berdampak melemahnya fungsi baterai ketika digunakan.

- Jagalah kondisi panas laptop anda, terutama di sekitaran baterai. Karena panas juga dapat menurunkan kapasitas penyimpanan energi di baterai, apalagi jika hal tersebut sering terjadi. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan cooler ataupun kipas angin.

- Anda dapat melepas baterai ketika komponen tersebut tidak lagi digunakan diluar ruangan tanpa adanya listrik. Anda dapat menggunakan power charging untuk menyalakan laptop, namun kelemahan dari cara ini adalah laptop anda akan langsung mengalami mati ketika listrik padam.