Cara menghitung bandwidth hosting (space dan traffic)

Iklan
Cara menghitung bandwidth hosting (space dan traffic), Badwidth merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah hosting, ketika anda memutuskan untuk mengenalkan sebuah website ataupun blok untuk orang banyak, rencana awal selain memilih space yang tepat anda juga perlu menentukan besarnya bandwith yang nantinya akan berdampak pada traffic yang datang.

Cara menghitung bandwidth hosting (space dan traffic)

Untuk itulah anda perlu mengetahui bagaimana cara menghitung badwidth hosting dengan benar yang disesuaikan untuk kebutuhan. Faktor utama yang perlu anda ketahui dalam menghitung bandwidth yang tersedia yaitu perlu sekali mengetahui kecepatan koneksi daripada batas total transfer.

Ukuran kecepatan koneksi pada FTP ke situs anda biasanya dalam megabit per detik, seperti 6.0 Mbps. Dimana anda perlu menanyakan kepada host mengenai detail kecepatan koneksinya. Hal yang lainnya yang perlu anda ketahui adalam masalah pada dua faktor kecepatan download dan upload sebuah file.

Tahap selanjutnya setelah anda mengetahui kecepatan situs melalui host, anda perlu mengkonversi angka kedalam bentuk yang lebih ringan. Biasanya browser menampilkan kecepatan download ataupun upload dalam KBps (Kilobyte per detik), berikut beberapa konversi:

1 byte (B) = 8 bit (b)
1 kilobit (Kb) = 1000 bit (b)
1 megabyte (MB) = 1024 Kilobyte (KB)

Dengan menggunakan contoh 6.0 Mbps, Anda harus mengubah angka itu menjadi bit di tempat pertama, sehingga

6.0 Mb * n / a Kb / Mb * n / b / Kb = n / a bit.

Mengkonversi nomor ini dalam byte, sehingga:
bit n / a / 8 b / B = n / byte

Mengkonversi byte ke kilobyte:
n / a / / B / K B = 732 KB

Hal tersebut menunjukkan bahwa kecepatan koneksi anda sekitar 732 KB/s atau 732 KBps.

Hal terpenting yang perlu anda sadari bahwa semakin tinggi lalu lintas website yang terjadi, maka akan semain membutuhkan jumlah bandwidth yang sangat besar, dan biasanya penggunaan ataupun sisa bandwith yang masih tersedia akan ditampilkan pada setiap control panel website. Dengan melihat hal tersebut, tentunya dan juga dapat memperhitungkan apakah bandwidth yang sekarang ini digunakan telah sesuai dengan lalulintas website.