Cara Backup dan Restore Registry Windows

Iklan

Kali ini saya akan memberikan informasi yang berhubungan dengan posting sebelumnya Pengertian dan Fungsi Registry Windows. Jika sobat sering barmain-main atau edit-edit registry ada baiknya sobat Backup Registry Windows sobat. Inilah adalah cara untuk jaga-jaga sebelum terjadi error atau kesalahan pengeditan pada registry sobat. Terkadang kita tidak sengaja salah edit atau salah hapus, karena 1 saja terhapus key/value registry bisa saja terjadi hal yang sangat fatal.

Pada panduan kali ini saya akan sampaikan 2 panduan sekaligus, yaitu Cara Backup dan Restore registry. Nah, jika registry sobat terjadi error atau kesalahan seperti yang gambarkan di atas sobat bisa restore atau kembalikan ke kondisi registry yang semula. Tentu saja sobat harus sudah terlebih dahulu backup registry windows sobat. Caranya yaitu,

Cara Backup Registry Windows

1. Silahkan buka registry editor sobat (Regedit). Cara tercepat, Buka Win+R (Run Mode) ketikkan "regedit". Lalu enter
2. Lalu klik kanan pada Key paling atas (Icon yang bertuliskan "Computer") atau pilih pada menu paling atas "FIle".

Registry, Windows

3. Lalu pilih "Export".
4. Pilih tempat sobat dimanana lokasi penyimpannya dan beri nama sesuai keinginan sobat.
5. Lalu pilih OK/Save
6. Silahkan tunggu beberapa saat, sampai proses selesai. File akan berukuran besar jika banyak terinstall software dalam laptop sobat.

Cara Restore/Kembalikan Registry Windows

1. Dengan cara yang sama silahkan buka registry editor sobat (Regedit). Cara tercepat, Buka Win+R (Run Mode) ketikkan "regedit". Lalu tekan enter.
2. Pilih pada menu paling atas "File".

Registry, WIndows

3. Pili "Import.. " 
4. Lalu cari lokasi penyimpanan Registry hasil backup di laptop sobat.
5. Lalu pilih Buka/Open/OK.
6. Silahkan tunggu beberapa saat, sampai proses selesai.
7. Finish...

Sampai di sini dulu Panduan Cara Backup dan Restore Registry Windows. Semoga dengan panduan singkat ini membantu mengurangi resiko error ataupun kesalahan dalam laptop sobat, karena walau bagaimanapun kita tidak tau kapan dan apa kesalahan yang akan kita lakukan, maka dari itu sebaiknya kita bersiap-siap menghadapinya (Backup) :).