Cara Membuat Recovery Windows 7 di Hardisk

Iklan
Cara Membuat Recovery Windows 7 di Hardisk - Sudah tau cuy apa itu System Recovery Windows 7?. kayaknya dah pada tau ya. Kalau belum System Recovery itu yaitu sebuah system pada windows 7 atau windwos 8 yang bisa berfungsi membackup File sobat dan mengembalikan system windows pada waktu sobat buat System Image Recovery nya. Kenapa Image Recovery?, karena nantinya akan dibuat sebuah file / image untuk recovery.

Recovery pada windows ini cara kerjanya hampir mirim dan berfungsi sama dengan System Restore, bedanya System Restore menggunakan Restor Point untuk mengingat tanggal kapan kita akan kembalikan kondisi windows. Sedangkan Recovery akan membuat ulang file windows sesuai pada waktu yang kita tentukan.

Fungsi utama System Recovery ini yaitu untuk mengembalikan keaadaan Windows pada saat System Image Rocovery dibuat dan fungsi lainnya untuk menghindarai Reinstall atau Install ulang windows. berbeda dengan system restore tidak bisa bekerja dengan baik yang disebabkan oleh virus atau error lainnya. Sedangkan Recovery jarang error, karena semua file WIndows akan dimasukkan kedalamnya.

Nah, jika sobat memiliki masalah Blue Screen, terserang virus, Error, Driver Tidak cocok yang mengakitkan Blue Screen dan laptop tidak bisa bekerja dengan baik, sobat bisa menggunakan Recovery Image nantinya, karena windows 7 sobat akan refresh lagi. untuk membuatnya silahkan ikuti langkah berikut :

Cara Membuat Recovery Windows 7 di Hard Disk

1. Buka Control Panel windows 7, dengan cara Tekan Menu pada keyboard lalu pilih Kontrol Panel.

Windows 7, Recovery

2. Setelah terbuka, lihat pada bagian menu "System and Security" lalu pilih Backup Your Komputer.

Recovery

3. Klik Menu "Create a System Image" pada menu bagian kiri atas.

Recovery

4. Nah setelah terbuka nanti akan ada pilihan di Disk mana sobat mau simpan backup file windows sobat pada pilihan "On a Hard Disk". Jika sobat hanya memiliki 2 Hardisk C dan D maka tempat penyimpanan sobat hanya bisa di D saja, jika ada C, D, E, dst sobat bisa pilih sesuai keingin sobat. Sebisanya disk tempat penyimpanan harus memiliki ruang, karena ukuran backup nanti bisa mencapai 10GB.

Recovery

5. Setelah itu akan ada konfimasi tentang jumlah Backup yang akan disimpan di hardisk sobat, kalau punya saya mencapai 13GB, karena sudah banyak software yang terinstall pada drive C.

Recovery, Windows 7

6. Setelah yakin, silahkan sobat KLIK Start Backup. Silahkan tunggu hingga beberapa saat. mungkin bisa lama tergantung seberapa banyak file yang terdapat di drive C sobat.

Backup

7. Setelah Selesai, nanti akan ada pemberitahuan. Nah, jika suatu saat terjadi error, sobat hanya perlu Recovery Windows 7 sobat, tanpa harus Install ulang. Ingat !! Akan ada nanti file yang bernama "WindowsImageBackup" di disk tempat sobat simpan Backupnya, jangan hapus file tersebut, karena itu yang akan digunakan untuk Recovery, biar aman Hidden saja.

Sampai di sini panduan Cara Membuat Recovery Windows 7 di Hardisk, untuk membuar di CD Recovery WIndows 7, caranya hampir mirip hanya sedikit perbedaan, insyallah nanti saya post. Terima kasih.