Pengetian System Restore dan Fungsinya

Iklan
Sobat blogger tentu sudah familiar dengan yang namanya System Restore, apalagi yang sudah lama menggunakan operating system windows. Saya akan mencoba mengulanginya lagi untuk menambah ingatan sobat. :)

System Restore adalah sebuah sytem / fitur yang terdapat pada operating system windows. Dengan System Restore memungkinkan seorang administator windows atau pengguna operating system windows untuk mengembalikan system windows pada kondisi sebelumnya atau pada kondisi semula.


System Restore bisa berfungsi apabila pada sebuah Operating System (OS) Windows mengalami masalah yang menyebabkan kinerja system tidak dapat bekerja dengan optimal. Masalah ini timbul disebabkan oleh beberapa hal seperti serangan virus, file error, dan kesalahan penggunanya.

System Restore biasanya disebut juga dengan System Restore Point, dimana dengan point-point tertentu  pengguna bisa mengembalikan keadaan windows pada point (keadaan) tertentu.
Saya sering menggunakan fitur ini pada windows 8 ataupun windows 7. Apabila system ini telah dijalankan dengan sukses maka keadaan komputer akan kembali pada keadaan yang kita inginkan. System Restore juga sangat bermanfaat untuk mengurangi kegiatan Re-install windows (Install Ulang Komputer).
Sebagaimana kita ketahui Install ulang bisanya akan mereset semua system pada keadaan semula atau keadaan standar komputer. Kerugian Install ulang ini adalah benyaknya waktu kita yang terkuras, karena kita mengulang settingan windows dari awal lagi, sedangkan System Restore hanya mengembalikan ke keadaan komputer pada waktu tertentu yang kita inginkan tanpa harus mereset ulang semua system.

Baiklah sobat sampai di sini dulu penjelasannya. Semoga sobat dapat memahamanya. Untuk panduan setting System Restore Point dan Cara Buat System Restore akan saya sampaikan pada posting selanjutnya.