Cara Setting System Restore Windows 8

Iklan

System Restore memang berguna bagi sebagian pengguna Windows 8 apalagi ketika laptop / komputer terjadi error dikarenakan virus ataupun kesalahan penggunanya. Sobat bisa baca selengkapnya tentang Informasi System Restore dan Cara Restore System Windows 8. Kali ini saya akan menjelaskan settingan pada System Restore Windows 8.

Kebetulan sekali dalam posting ini saya akan lebih memperjelas bagaimana mengaktifkan ataupun Menonaktifkan System Restore, karena ada seorang sobat yang bertanya "kalau matiin system restore windows 8 gimana caranya?". Saya akan coba menjawab pertanyaan itu sesuai pengalaman saya.

Baiklah berikut ini cara Setting System Restore Windows 8 (Aktifkan & Menonaktifkan System Restore)

1. Sobat tentu saja harus buka dulu halaman settigannya yaitu dengan cara buka dulu system restoranya dengan cara pada langkah berikut.
2. Tekan Win + E (untuk Buka Windows Explorer), setelah tampil Explorer.
3. Pilih Kontrol Panel pada bagian atas windows explorer, seperti gambar berikut ini :


4. Lalu pada menu kontrol panel Pilih Menu System and Security,
5. Lalu pilih menu Restore your Computer to an earlier time.
6. Lalu lihat menu paling bawah dan klik menu "Advanced Tools" lalu pilih "Configure System Restore"
7. Lalu akan tampil seperi gambar di bawah ini :


Perhatikan,,
# Pada gambar di atas di nomor 1 merupakan list drive hardisk sobat, dan yang on / off tersebut merupakan aktif / nonaktif system restore. Nah bahasa sederhananya jika sobat melakukan restore pada laptop maka yang direstore / dikembalikan hanya disk yang aktif saja (on). Dan yang off tidak akan mengalami perubahan sama sekali.
# Untuk setting (Aktif or nonaktifkan System Restore) sobat hanya perlu pilih salah satu disk ayang akan disetting, saya contohkan pilih Disk D,
# Lalu Pilih Configure pada option 2. Nanti akan tampil seperti gambar di bawah ini :


Lihat :
# Pada pilihan 1 tersebut ada dua pilihan :
Turn on System Protection = Ini akan mengAktifkan System restore pada windows 8 sobat.
Desable System Protection = Ini akan meNonAktifkan System restore pada windows 8 sobat.
# Nah, sobat pilih salah satu untuk mengaktifkan / menonaktifkan System restore.
# Pada pilihan dua sobat bisa setting penggunaan maksimum ukuran file restorenya nanti. Atau sobat bisa biarkan saja secara default.
# Jika semua sudah selesai sekarang sobat simpan pengaturan system restore klik Apply 2 kali.

Tips
Saya sarankan untuk mengaktifkan system restore hanya pada file system saja, yaitu disk tempat sobat Install Windows 8, jika sobat mengaktifkan semua hardisk maka ketika sobat restore semua file baru yang ada tersimpan selang waktu mundur restore sobat akan terhapus. Tapi jika file system saja, maka file di hardisk sobat tidak akan terhapus.
Sampai di sini dulu sob, sudah mengertikan cuy? jika masih bingung silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar, dan jangan lupa jika artikel ini bermanfaat klik +1 Google di bawah. Terima kasih.....