Cara Buat Restore Point pada Windows 8

Iklan

Sebelumnya saya sudah menjelaskan Cara Aktifkan System Restore Windows 8 dan cara merestore windows 8, namun belum lengkap rasanya jika saya belum menyampaikan cara buat restore point nya. Sobat bisa membaca posting saya sebelumnya mengenai System Restore selengkapnya.

Restore Point yang saya sampaikan ini yaitu sebuah titik / waktu yang kita tentukan sendiri kapan kita buat pengingat dalam bentuk restore point pda laptop kita. Jadi bahasa sederhananya yaitu membuat secara manual pengingat  restore pada windows 8.

Membuat Restore Point ini sangat penting karena windows tidak begitu pintar untuk selalu membuat restore point ini. Secara default windows 8 akan membuat restore point hanya ketika kita melakukan kegiatan yang lebih besar seperti install software yang berukuran besar. Namun semua itu tidak cukup, ada kalanya kita harus membuat restore point sebelum melakukan tindakan yang penting seperti mencolokkan flashdisk, install software kecil,  tranfer file melalui bluetooth / wireless.
Contohnya begini sobat bisa buat restore point pada jam 10, lalu jam 11 sobat mencolokkan flashdisk, seketika itu rupanya didalam falshdisk terdapat virus yang menyerang laptop sobat dan membuat kerusakan / error di laptop sobat. Apalagi tidak semua anti virus bisa membasmi virus. Nah, disaat beginilah restore point sobat berfungsi. Sobat hanya perlu merestore pada waktu sebelumnya yaitu pada jam 10 tadi sebelum sobat memasukkan falshdisk, maka keadaan laptop sobat kan kembali ke waktu jam 10 tadi dan secara otomatis semua kegiatan dari 10 sampai jam 11 akan otomatis dihapus oleh windows.
Nah, sobat sudah mengerti kan cuy?. Untuk membuat Restore pointnya silahkan ikuti langkah berikut :

1. Buka dulu System Restore nya dengan cara tekan keyboard Win + E (Buka windows explorer).
2. Lalu pilih menu Control Panel pada bagian atas seperti gambar di bawah :


3. Lalu pada Kontrol Panel area Pilih Menu System and Security,
4. Lalu pilih menu Restore your Computer to an earlier time.
5. Lalu lihat paling bawah klik menu "Advanced Tools" lalu pilih "Configure System Restore", lalu akan terbuka seperti gambar berikut ini :


6. Lalu Klik Creat seperti gambar di atas, maka akan tampil seperti gambar di bawah :

Silahkan isi pada kotak merah sesusai dengan yang sobat ingin kan ini hanya untuk pengingat. Sete;lah sukses nanti akan ada pemberitahuan, Jika sudah selesai sobat klik "Apply", namun jangan ditutup dulu jendela tersebut.

7. Untuk membuktikan bahwa restore point sobat sudah dibuat sobat bisa buka pada menu di atas yang bertuliskan System Restore pada gambar di atas, lalu klik "Next" maka akan tampil seperti gambar di bawah :



Nah, restore point di atas merupakan point yang saya buat tadi, jika sobat pilih restore point tersebut dan klik next maka windows 8 sobat akan berkerja merestore laptop sobat. Sampai di sini dulu sob,,, Terima kasih.