Bagaimana Mengatasi Masalah Blog Copy Paste ?

Iklan
Copy Paste artikel blog??. Ya kali ini saya sedikit ingin berbagi rasa bersama sobat-sobat tentang prilaku copy paste di sini. Sudah dari dahulu prilaku copy paste artikel ini di dunia internet, bahkan ada suatu blog yang isinya hanya copy paste saja. Biasanya blog yang terkena copy paste ini yaitu blog yang terkenal, contohnya seperti blog Kang Rohman yang banyak saya temukan artikelnya di copy paste.

Image : Myblogger tricksntips Blog
Lalu apa yang terjadi jika blog kita di copy paste?. Itulah pertanyaan yang sering diuangkapkan bagi beberapa blogger yang mengalami masalah ini. Bahkan saya sendiri juga pernah mengalami hal yang sama, lalu apa yang saya lakukan untuk mengatasi masalah ini?. Silahkan teruskan sobat baca cuap-cuap saya.

Kalau takut artikel blog atau tulisan di Copy Paste, jangan publish kemedia umum (Internet)

Mungkin ungkapan di atas bisa membuat telinga panas dan mata brojol keluar (Lebay Mode On). Sepintas membaca ungkapan di atas saya sendiri juga merasakan tidak nyaman dan merasa ingin marah, namun semuanya hilang dalam waktu singkat setelah berpikir secara sehat. Karena mau tak mau semuanya memang begitu adanya.

Mungkin Ungkapan di atas sah-sah saja, namun sudah semestinya bagi kita manusia yang normal dan ingin dihargai orang lain harus pandai menghargai karya, milik, produk orang lain. Bagaimana kita akan dihargai orang lain kalau kita tidak bisa menghargai orang lain.

Artikel saya ini mungkin terkesan curhat, namun tujuan yang sebenernya saya ingin berbagi bersama sobat. Karena beberapa hari yang lalu saya menemukan artikel saya 100% di copy paste dan terlihat tidak adanya tercantum sumber link (Text Link or Live Link). Terkadang saya ingin marah, namun kembali pada ungkapan di atas tadi. Sebenarnya saya tidak keberatan artikel saya di copy paste, namun sudah sewajarnya untuk mencantumkan link sumber sebagai tanda artikel tersebut bukan hasil karyanya sendiri.

Artikel saya sebenarnya banyak sekali saya temukan di copy paste ada yang memberikan link sumber dan banyak yang ridak mencantumkan. Tapi yang membuat saya kurang enak ketika tau artikel 100% copy paste dari blog mankita ini tampil urutan 1 di google, namun saya tidak menemukan sumber link tercantum di sana, lalu saya mencoba berikan komentar dan menyampaikan bahwa mohon memberikan link sumber. Tapi apa yang terjadi komentar saya dihapus dan sumber link tetap tidak dicantumkan. Saya tidak bisa berbuat apa-apa. Semoga artikel tersebut benar-benar bermanfaat buat orang lain. hanya itu yang terucap di benak saya.

Saya tidak akan menyebutkan blog mana yang copas blog saya. Saya hanya tidak ingin membuat hubungan sesama blogger hancur hanya gara-gara seperti ini. Karena tujuan blogger itu berbagi. Saya sendiri juga pernah copy paste, namun saya tidak lupa memberikan url sumber atapun nama penulisnya. Bahkan beberapa hari yang lalu saya juga pernah diingatkan oleh sobat lain untuk memberikan sumber link dari blog ini, karena saya mereview / menulis ulang pembahasannya, namun saya lupa memberikan sumber. Lalu saya mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya, karena sudah salah dan memperbaikinya. Sobat bisa lihat di sini baca komentarnya.

Saya melakukan copas tersebut sudah dalam waktu yang lama, terus terang saya benar-benar belum memahami hal ini dengan seksama, bahkan ada beberapa artikel saya beberapa tahun yang lalu hasil copas, karena ketika itu saya masih baru pandai buat blog, karena baru-baru ini saja saya sedikit paham blog.

Jika sobat menemukan blog saya hasil Copas silahkan informasikan, saya akan berikan sumber ataupun memperbaikinya. Karena saya tau dengan sangat. sangat banyak artikel blog saya yang belum saya cek pada artiekel lama. Karena kita tahu bersama hampir semua blogger pernah melakukan copy paste artikel hanya caranya saja yeng berbeda-beda.

Lalu bagaimana dengan sobat?. Apa sobat juga mengalami hal yang sama seperti saya?. Saya hanya berpesan "Coba untuk menghargai karya orang lain sebelum karya sobat tidak dihargai oleh orang lain". Tidak akan sulit rasanya kalau hanya mencantumkan sumber link pada artikel tersebut. Dan mulailah untuk bisa membuat hal yang bermanfaat untuk orang lain.