Perbedaan Sistem Windows 32-bit dan 64-bit

Iklan
Ada sebagian yang tidak mengetahui perbedaan 32-bit dan 64-bit, biasanya ini digunakan untuk Sistem Operasi seperti Windows yang digunakan pada perangkat Laptop atau PC. Ditinjau dari pengertian yaitu :
Perbedaan Sistem 32-bit dan 64-bit diartiken sebagai Format xx-bit yang mengacu pada besarnya register CPU. Register merupakan jumlah penyimpanan yang digunakan oleh CPU pada saat proses penyimpanan data. Apabila diambil pengertian berdasar besarnya register, tentu saja CPU dengan register 64-bit akan lebih dapat memproses lebih banyak data bukan, dibandingkan dengan CPU 32-bit. Dan dari segi kinerja komputer tentunya 64-bit memiliki akses data yang lebih optimal tentunya. Prafangga
Ada beberapa kelebihan komputer yang menggunakan sistem 64-bit yaitu mampu memaksimalkan peforma RAM memori samapai dengan 17 Milyar GB. Sedangkan pada versi 32-bit hanya mampu menambahkan kapasitas RAM 4GB saja.

Keuntungan dan Kelebihan lainnya untuk sistem 64-bit yaitu,

  • Komputer 64-bit dapat lebih efisien dalam hal penggunaan RAM
  • Komputer dengan Sistem 64-bit memiliki sistem proteksi atau keamanan tambahan.
  • Meningkatnya alokasi virtual memori. Pada arsitektur 32-bit, Windows memiliki keterbatasan penggunaan memori untuk menjalankan aplikasi yaitu hanya sampai 2 GB saja,

Disamping kelebihan tersebut diatas, ada juga terdapat kekurangan sistem 64-bit, yaitu:

  • Keterbatasan Motherboard. Walaupun komputer mendukung sistem 64-bit namun beleum tentu Motherboard mendukung memori lebih dari 4G. Tentu kinerja sistem 64-bit tidak maksimal karena keterbatasan Memori tersebut.
  • Sulit menemukan driver 64-bit untuk perangkat yang sudah tua.

Untuk dapat melihat apakah komputer sobat mendukung sistem 32-bit dan 64-bit silahkan baca artikel saya selanjutnya.