Cara Mengetahui CPU Support 32-bit dan 64-bit

Iklan
Untuk Mengetahui CPU Laptop Support 32-bit dan 64-bit itu sangat mudah, tapi ada baiknya sobat mengetui dahulu perbedaan Sistem 32-bit dan 64-bit serta keuntungan dan kerugiannya pada posting saya sebelumnya. Jika dilihat dari kelebihan sistem 64-bit jauh lebih menguntungkan daripada sistem 32-bit, karena sistem 64-bit dapat memaksimalkan RAM sampai dengan 192 Gb, berbeda dengan sistem 32-bit hanya bisa sampai 4GB.

Sebelum Mengetahui komputer mendukung sistem 64-bit atau tidak sebaiknya sobat meilihat dulu apakah sistem operasi yang sobat gunakan sekarang apakah windows 7 / windows 8 32-bit atau 64-bit. Berikut cara Mengetahui CPU Support 32-bit dan 64-bit:

1. Cari Icon My  Computer di laptop sobat, biasanya ada di Desktop atau di Start Menu.
2. Klik Kanan "My Computer"
3. Pilih Properties, nanti akan tampil sebua windows dengan tampilan berikut :



Perhatikan bagian yang dilingkari merah, jika tertulis 64-bit berarti Operating System yang sobat gunakan adalah Sistem 64-bit begitu juga sebaliknya, kalau OS saya sendiri yaitu menggunakan 32-bit, terlihat pada gambar diatas.

Nah sekarang sobat sudah tau kan sistem operasi yang sobat gunakan pakah 32-bit atau 64-bit. Sekarang kita akan mengetahui apakah laptop atau PC kita support 64-bit. Berikut caranya.

1. Download software securable (Spftware ini akan mengetahui secar lengkap apakah support 64-bit. ukuran filenya cuma 115 Kb), silahkan download di link berikut ini:

http://www.mediafire.com/?6mk627ul4wedul5

2. Setelah download sobat buka / Klik 2 kali software tersebut. Software securable tidak perlu diinstal, karena softwarenya Portable. Tunggu beberapa saat, nanti akan tampil seperti gambar berikut ini :


3. Perhatikan pada bagian "64 Maximum Bit Length" yang bewarna biru. Angka itu menunjukkan bahwa Sistem Komputer kita mendukung sistem 64-bit. Jika tidak tampil seperti diatas berarti tidak support 64-bit. Alhamdulillah punya saya support sob, tu kan terlihat pada gambar di atas, hehehe

Nah sekarang sobat sudah bisa menentukan pilihan, jika sobat sedang menggunakan Windows 7 yang 32-bit sobat bisa Upgrade ke sistem 64-bit, asalkan CPU atau sistem Laptop sobat mendukung Memori lebih dari 4GB, jika tidak sebaiknya tidak usah upgrade karena tidak akan maksimal. Sekian Dulu sob..